Apakah Sinus Harus Diobati dengan Operasi? Kerap Jadi Alasan Artis untuk Oplas Hidung

Rabu, 10 Juli 2024 - 12:12 WIB
Namun, pada dasarnya, tidak semua kasus sinusitis harus dioperasi. Kecuali, bagi mereka pengidap sinusitis yang mengalami penyumbatan hidung akibat penumpukan cairan, yang membuat kuman dapat tumbuh dan memicu infeksi.

Selain itu, prosedur operasi juga dilakukan jika pengidap tidak merespons pengobatan dengan baik atau mengalami masalah kronis jangka panjang. Misalnya polip hidung dan kelainan struktur tulang.





Sederhananya, operasi sinusitis tidak selalu menjadi pilihan pertama dalam pengobatan. Dokter biasanya akan mencoba pengobatan konservatif terlebih dulu dengan obat-obatan, irigasi hidung, atau terapi lainnya.

Jika gejala sinusitis terus berlanjut atau menjadi semakin parah setelah pengobatan, maka dokter mungkin merekomendasikan operasi sebagai opsi pengobatan lebih lanjut.

Nah, jika kondisi peradangan sinus tergolong masih ringan, dokter biasanya akan menanganinya dengan mencuci hidung pasien menggunakan dekongestan atau semprotan saline, yaitu obat sinusitis untuk mengurangi peradangan dan hidung mampet. Atau, dokter juga bisa menggunakan obat sinusitis lain seperti kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan dalam hidung. Penggunaan kortikosteroid juga dengan cara disemprot.

Bagi penderita sinusitis berat, akan dokter tangani dengan meresepkan obat antibiotik. Obat tersebut biasanya perlu dikonsumsi selama kurang lebih 10 hingga 14 hari, sampai gejalanya menghilang.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More