Apa Itu Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Diidap Celine Dion?

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:30 WIB
Video Celine Dion saat mengalami stiff person syndrome viral di media sosial belum lama ini. Video tersebut membuat netizen heboh sekaligus mengkhawatirkan kondisi kesehatan pelantun My Heart Will Go On itu. Foto/Dok Reuters
JAKARTA - Video Celine Dion saat mengalami stiff person syndrome viral di media sosial belum lama ini. Video tersebut membuat netizen heboh sekaligus mengkhawatirkan kondisi kesehatan pelantun My Heart Will Go On itu.

Dalam video yang diunggah akun X @devy_casanofa, terlihat Celine Dion yang dibopong dan sulit bergerak. Tampak raut wajah Celine yang sedih dan kesakitan saat harus berjuang melawan penyakitnya.

Pada 2022, Celine Dion pernah mengungkapkan kalau dirinya mengidap salah satu penyakit langka bernama stiff person syndrome. Hal ini membuatnya kesulitan mengontrol otot-otot pada tubuh.





Lantas, apa sebenarnya stiff person syndrome, penyakit langka yang dialami Celine Dion?

Melansir laman Claveland Clinic, Kamis (11/7/2024), stiff person syndrome (SPS) adalah kelainan neurologis autoimun langka yang menyebabkan kekakuan otot di batang tubuh dan perut. Kondisi langka ini menyebabkan kekakuan otot dan kejang otot yang menyakitkan.

SPS paling sering berkembang pada orang berusia 40 hingga 50 tahun. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua.

Gejala Stiff Person Syndrome

SPS paling sering menyebabkan kontraksi dan kejang otot yang menyakitkan. Sering kali gejalanya dimulai pada kaki dan punggung. Kejang juga dapat menyerang perut dan lebih jarang terjadi pada batang tubuh bagian atas, lengan, leher, serta wajah.

Kejang dapat terjadi terutama ketika penderita SPS terkejut atau kaget, atau bergerak secara tiba-tiba. Selain itu, suhu dingin dan stres emosional juga bisa memicu kejang otot ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More