10 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Serai dan Cara Menggunakannya

Senin, 15 Juli 2024 - 10:20 WIB
Serai bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang terbukti secara ilmiah. Serai tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan Asia dan pengobatan tradisional. Foto/Getty Images Mixa
JAKARTA - Serai bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang terbukti secara ilmiah. Serai adalah tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan Asia dan pengobatan tradisional.

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan, serai juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari mengatasi gangguan pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun, seperti halnya dengan penggunaan herbal lainnya, penting untuk menggunakan serai dengan bijak dan tidak berlebihan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.



Berikut adalah 10 manfaat serai untuk mengatasi berbagai penyakit serta efek samping yang perlu diwaspadai dilansir dari Mayo Clinic, Senin (15/7/2024).

10 Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Serai dan Cara Menggunakannya





1. Mengatasi Gangguan Pencernaan



Serai dikenal mampu meredakan berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan senyawa anti-inflamasi dalam serai membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

Cara menggunakannya, minum teh serai secara teratur atau tambahkan serai dalam masakan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More