Sandiaga Uno Kagumi Desa Wisata Jatimulyo Kulonprogo, 4 Kali Masuk 50 ADWI

Jum'at, 19 Juli 2024 - 22:35 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengagumi Desa Wisata Jatimulyo di Kalurahan Jatimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Foto/ MPI
KULONPROGO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno mengunjungi Desa Wisata Jatimulyo di Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (19/7/2024).

Sandiaga mengaku terkesan dengan potensi yang ada yang bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan mancanegara.

“Selamat, ini sudah dinobatkan sebagai desa wisata dengan energi baru dan terbarukan,” kata Sandiaga Uno dalam Visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.



Sandi mengatakan, Kulonprogo bukan hal baru dalam pengembangan desa wisata, bahkan selama empat tahun berturut-turut selalu menjadi yang terbaik. Kini, Desa Wisata Jatimulyo kembali masuk dalam 50 ADWI.

Sandiaga pun sudah banyak mendengar mengenai potensi yang ada. Dari cerita gua yang lokasinya tertinggi hingga air yang mengalir dari sumber alamai untuk kegiatan hari Waisak hingga keberadaan empat desa wisata di sekelilingnya.

“Saya harap ini bisa menjadi kawasan community base tourism. Apalagi 10 persen masyarakat bersinggungan dengan pariwisata,” ujar Sandi.

Dia pun akan mendorong adanya penerbangan langsung dari luar negeri. Jika tidak ada hambatan akan ada penerbangan langsung Dubai, Tokyo dan Doha. Potensi yang ada di Jatimulyo sangat diminati wisatawan dari Asia Utara dan Timur Tengah atau India.

“Nanti juga akan dibuka penerbangan ke Thailand dan Vietnam. Lokasi ini hanya satu jam dari Bandara YIA bisa dipasarkan untuk ASEAN,” ujarnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata di Kulonprogo. Empat berturut-turut meraih penghargaan ADWI merupakan bukti kerja keras, kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat.

“Semoga kejuaraan ini mampu memebawa impact kesejahteraan masyarakat,” katanya.
(tdy)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More