Penderita Kolesterol di Indonesia Tembus 28 Persen, Mulai Menyerang Kalangan Muda

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:31 WIB
Menurut data Kemenkes, penderita kolesterol di Indonesia cukup tinggi, yakni mencapai 28%. Foto/ bbc
JAKARTA - Kolesterol merupakan zat lemak alami yang ditemukan dalam tubuh yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat, seperti pembentukan membrane sel dan produksi hormon.

Namun, ada yang namanya hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi, di mana kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.





Terdapat dua jenis kolesterol dalam darah, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kolesterol baik membantu menghilangkan kolesterol jahat dari darah, sedangkan kolesterol jahat menyumbat arteri dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kolesterol tinggi dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam arteri menyebabkan penyempitan arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penderita kolesterol di Indonesia cukup tinggi, yakni mencapai 28% dan sebanyak 7,9% orang di dunia meninggal akibat penyakit ini.

Dokter dr Armand Achmadsyah dari RS Abdi Waluyo mengungkap bahwa penyakit kolesterol tidak hanya diderita usia lanjut, tapi banyak juga dialami anak muda.

"Memang statistiknya sendiri nggak cuma pasien-pasien yang sudah tua, bahkan ada yang 24 tahun itu kolesterolnya sudah tinggi," kata ujar dr Armand Achmadsyah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More