Fakta Hemodialisa, Cuci Darah yang Gampang Menyerang Anak Muda

Senin, 22 Juli 2024 - 15:31 WIB
loading...
Fakta Hemodialisa, Cuci...
Fakta hemodialisa, yang gampang menyerang anak muda memberi momok menakutkan. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Fakta hemodialisa, yang gampang menyerang anak muda memberi momok menakutkan. Pasalnya, hemodialisis adalah sejenis cuci darah ginjal yang perlu mendapat penangangan serius.

Hemodialisa adalah cara yang paling sering digunakan dokter untuk mengambil alih tugas ginjal dalam menyaring darah.

Dikutip national institutes of health, penyakit kardiovaskular menimbulkan risiko kematian dini terbesar yang terlihat pada pasien penyakit ginjal kronis (CKD). Hingga 50% risiko kematian pada populasi dialisis disebabkan oleh penyakit kardiovaskular dan kematian relatif terbesar terjadi pada pasien yang lebih muda.

Pada tahap awal CKD, penyakit koroner trombotik oklusif sering terjadi, namun mereka yang bertahan hidup hingga mencapai gagal ginjal stadium akhir yang memerlukan dialisis lebih rentan terhadap kematian mendadak yang sebagian besar disebabkan oleh kejadian aritmia mendadak dan gagal jantung yang berhubungan dengan hipertrofi ventrikel kiri, kalsifikasi pembuluh darah koroner dan elektrolit.

Fakta Hemodialisa

Orang Membutuhkan Hemodialisis
Ginjal kita bekerja seperti sistem pengumpulan sampah. Mereka membersihkan cairan ekstra dan limbah dari darah kita. Limbah ini kemudian keluar dari tubuh sebagai urin (buang air kecil).

Jika ginjal berhenti bekerja dengan baik, limbah dapat menumpuk di dalam darah. Itu bisa berbahaya. Jadi penderita gagal ginjal memerlukan cuci darah untuk menyaring limbahnya.

Cara kerja hemodialisa
Hemodialisis menggunakan mesin untuk mengeluarkan darah dari tubuh, menyaringnya dan memompa darah bersih kembali ke dalam tubuh. Penyaringan sebenarnya terjadi di bagian mesin yang disebut dialyzer atau ginjal buatan.

Dialyzer memiliki dua bagian. Satu bagian untuk darah. Sementara, yang lainnya diisi dengan larutan pembersih yang disebut dialisat.

Kedua bagian dialyzer dipisahkan oleh selaput tipis. Sel darah dan bagian penting lainnya dari darah terlalu besar untuk melewati membran. Tapi produk limbah dan cairan ekstra dapat melewatinya dengan mudah.

Dialisat menarik limbah dan cairan ekstra keluar dari darah, melalui membran, dan membawanya keluar. Darah yang disaring kemudian dipompa kembali ke tubuh.

Darah mengalir dari tubuh ke mesin dan kembali lagi melalui tabung. Tabung ini ditempelkan pada jarum di kulit seseorang. Jarum masuk ke vena atau arteri besar melalui akses pembuluh darah. Dokter perlu membuat akses vaskular ini sebelum dialisis dapat dimulai.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)