Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Ekraf dan Industri Pariwisata Lewat Kenarok

Jum'at, 26 Juli 2024 - 18:00 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok) di Mal Living World, Tangerang. Foto/Wiwie Heriyani
TANGERANG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok) di Mal Living World, Tangerang, Jumat (26/7/2024). Acara ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga mengatakan, tujuan digelarnya Kenarok adalah untuk mempertemukan para pelaku ekonomi kreatif (UMKM) dengan industri pariwisata di Banten. Hal ini guna memperkuat rantai pasok industri pariwisata.

Rencananya, Kenarok akan diselenggarakan pada 26-28 Juli 2024, dan menghadirkan berbagai produk ekonomi kreatif dari para pelaku UMKM di seluruh wilayah Banten.



"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, saya buka kegiatan Kenarok Kemenparekraf di provinsi Banten," kata Sandiaga melalui sebuah video virtual.



Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengungkapkan, bahwa ritel memiliki keterkaitan yang sangat dekat dengan sektor ekonomi kreatif. Salah satunya melalui wisata belanja.

Oleh karena itu, ia menilai, acara ini bisa menjadi jembatan bagi sejumlah industri ekonomi kreatif untuk tumbuh bersama memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Ritel ini memiliki keterkaitan yang sangat dekat dengan ekonomi kreatif. Dan pariwisata juga ikut memiliki peran berupa wisata belanja. Kenarok ini adalah upaya kita untuk mensinergikan potensi kedua industri ini agar sama-sama tumbuh," jelasnya.

Pembukaan Kenarok juga dihadiri langsung oleh Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah Agam dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Al Hamidi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More