8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 10:20 WIB
Kekurangan vitamin B12 (kobalamin) adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena peran penting vitamin ini dalam tubuh. Foto/Omega Quant
JAKARTA - Kekurangan vitamin B12 (kobalamin) adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena peran penting vitamin ini dalam tubuh. Vitamin B12 diperlukan untuk produksi sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA.

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi akibat asupan makanan yang tidak memadai, masalah penyerapan, atau kondisi medis tertentu. Dengan mengenali ciri-ciri kekurangan vitamin B12 dan mengambil langkah yang tepat, Anda dapat mencegah komplikasi serius.

Berikut ciri-ciri tubuh yang kekurangan vitamin B12 dilansir dari Medical News Today, Health Line (3/8/2024).



8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya





1. Lelah dan Lemah



Kelelahan yang tidak biasa dan kelemahan umum adalah salah satu gejala pertama kekurangan vitamin B12. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah, yang mengakibatkan berkurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh.

2. Anemia Pernisiosa



Anemia pernisiosa adalah jenis anemia yang terjadi akibat kekurangan vitamin B12. Gejala-gejalanya meliputi kulit tampak pucat atau kekuningan, sesak napas terutama saat beraktivitas, dan palpitasi yakni detak jantung cepat atau tidak teratur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More