7 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi untuk Peringati HUT Kemerdekaan RI

Minggu, 04 Agustus 2024 - 16:16 WIB
Kawasan satu ini pernah menjadi pusat perdagangan di abad 19 dan 20 serta memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri dengan kokoh serta memiliki nilai sejarah tinggi.

Para pelancong yang mengunjungi objek wisata sejarah ini akan disuguhi bangunan dengan arsitektur benua Eropa sekitar tahun 1700-an, lengkap dengan atap yang unik, penggunaan kaca warna-warni, serta ukuran pintu dan jendela yang besar.

Saking tua dan bersejarahnya kawasan ini, rencananya Kota Lama Semarang akan diajukan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Candi Borobodur, Magelang

Tidak jauh dari Yogyakarta, Anda juga bisa melipir ke Kota Magelang, Jawa Tengah, untuk berkunjung ke Candi Borobudur, salah satu tempat wisata sejarah paling ikonik di Indonesia.

Candi ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Borobudur merupakan candi terbesar di dunia. Bahkan, candi yang memiliki banyak patung Buddha ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

5. Candi Prambanan, Yogyakarta

Di daerah Yogyakarta juga terdapat sebuah candi yang cukup terkenal dan bisa dikunjungi untuk melakukan wisata sejarah, yakni Candi Prambanan.

Candi yang berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, ini memiliki kisah erat dengan Roro Jonggrang.

Legenda itu menceritakan seorang putri cantik yang dikutuk menjadi candi oleh orang yang mencintainya, yakni Bandung Bondowoso.

Bangunan candi juga memiliki relief kisah Ramayana dan Kresnayana. Tak heran, pada momen tertentu, pengunjung dapat menikmati sendratari Ramayana yang terkenal dengan latar bangunan candi yang megah.

6. Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Beralih ke Sulawesi Selatan, tepatnya di Kota Makassar, ada sebuah tempat bersejarah yang terkenal di sana, yakni Benteng Fort Rotterdam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More