Kenapa Orang Korea Jarang Bau Badan? Ini Rahasianya

Selasa, 06 Agustus 2024 - 22:15 WIB
Fenomena bahwa orang Korea cenderung tidak memiliki bau badan yang menyengat sering menjadi topik pembicaraan menarik. Mereka sering kali terlihat segar. Foto/Shutterstock Imtmphoto
JAKARTA - Fenomena bahwa orang Korea cenderung tidak memiliki bau badan yang menyengat sering menjadi topik pembicaraan menarik. Mereka sering kali terlihat segar, bahkan setelah beraktivitas seharian.

Banyak yang penasaran dengan fenomena orang Korea yang jarang bau badan . Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, baik dari segi genetika, gaya hidup, maupun budaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar orang Korea Selatan dan Jepang memiliki varian gen yang disebut ABCC11. Gen ini memiliki peran penting dalam produksi keringat dan bau badan.



Kelenjar apokrin adalah kelenjar keringat yang menghasilkan keringat berbau. Gen ABCC11 berperan dalam mengontrol aktivitas kelenjar apokrin ini. Pada sebagian besar orang Asia Timur, termasuk Korea Selatan dan Jepang, terjadi mutasi pada gen ABCC11.



Mutasi ini menyebabkan kelenjar apokrin kurang aktif sehingga produksi keringat bau berkurang secara signifikan. Ini artinya, kelenjar keringat penghasil bau kurang aktif membuat orang Korea jarang bau badan.

Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang turut membuat orang Korea jarang bau badan. Berikut di antaranya dilansir dari Times of India, Selasa (6/8/2024).

Kenapa Orang Korea Jarang Bau Badan?



1. Faktor Genetik

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More