5 Makanan Khas Nusantara yang Kerap Hadir di Momen 17 Agustusan

Kamis, 15 Agustus 2024 - 04:04 WIB
Anda bisa merayakan HUT ke-79 RI dengan menyajikan dan menyantap makanan khas yang kerap hadir di momen tersebut. Foto/iStock
JAKARTA - Momen 17 Agustusan atau Hari Kemerdekaan RI tak hanya identik dengan dekorasi serba merahputih hingga berbagai perhelatan lomba yang meriah. Anda juga bisa merayakan HUT ke-79 RI dengan menyajikan dan menyantap makanan khas yang kerap hadir di momen tersebut.

Lantas, makanan khas apa saja yang kerap hadir di momen perayaan kemerdekaan Indonesia? Berikut di antaranya, melansir dari berbagai sumber.

1. Tumpeng

Tumpeng merupakan hidangan khas yang biasanya dihadirkan dalam acara perayaan istimewa, termasuk HUT RI. Nasi kuning yang dibuat menjadi tumpeng dalam perayaan HUT RI memiliki makna simbolis sebagai wujud rasa syukur atas hari kelahiran kemerdekaan Indonesia.



Selain menjadi bagian penting dalam perayaan syukuran, tumpeng juga sering dijadikan obyek lomba, seperti lomba menghias tumpeng.



2. Kerupuk

Siapa yang tak suka kerupuk? Ini merupakan makanan primadona orang Indonesia. Kerupuk putih yang digoreng dengan minyak goreng panas bisa menjadi pilihan sajian ketika merayakan HUT kemerdekaan.

Bukan hanya sebagai camilan, kerupuk juga digunakan untuk lomba makan kerupuk.

3. Kue Lapis

Rekomendasi makanan khas kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah kue lapis. Kue satu ini terbuat dari bahan tepung beras dan santan yang mantap sehingga rasanya bakalan manis gurih.

Kue lapis ini paling mudah untuk dikreasikan sesuai dengan tema acara. Untuk tema perayaan kemerdekaan, Anda bisa membuat kue lapis menggunakan warna merah dan putih sehingga melambangkan kemerdekaan banget!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More