Apa Makna Istilah Tone Deaf yang Lagi Viral? Bisa Dilihat dari Ciri Ini

Minggu, 25 Agustus 2024 - 01:10 WIB
Istilah tone deaf belakangan viral di media sosial. Meski terdengar tak asing, namun masih banyak yang belum mengetahui makna dari istilah tersebut. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Istilah tone deaf belakangan viral di media sosial. Meski terdengar tak asing, namun masih banyak yang belum mengetahui makna dari istilah tersebut.

Tone deaf sendiri merujuk pada salah satu sikap negatif yang ada pada diri seseorang. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Tone deaf adalah sebutan yang diberikan pada seseorang yang kurang peka terhadap kondisi di sekitarnya seperti adat, norma, aturan, dan lain sebagainya. Istilah ini sebenarnya berasal dari ranah musik, yaitu untuk menggambarkan ketidakmampuan seseorang mengikuti nada (pitch), bahkan untuk lagu dengan melodi yang sederhana.





Sekilas, tone deaf dalam lingkup sosial mungkin mirip dengan sifat egois, tetapi keduanya sebenarnya merupakan hal yang berbeda.

Sifat egois membuat seseorang tetap memprioritaskan kepentingan diri sendiri meski mengetahui dampak tindakannya pada orang lain.

Sementara itu, tone deaf artinya ketidakmampuan untuk memahami situasi yang terjadi. Orang-orang dengan sikap ini cenderung tidak peka secara emosional dan kurang berempati terhadap orang lain.

Berikut beberapa ciri orang yang tone deaf.

1. Kurang Peka terhadap Perasaan Orang Lain

Orang yang tone deaf cenderung kurang peka terhadap perasaan orang lain. Pasalnya, mereka tidak menyadari bahwa apa yang dikatakan atau dilakukannya telah menyakiti orang lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More