7 Tanda Usus Kotor yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Bau Mulut

Selasa, 10 September 2024 - 07:00 WIB
Ada beberapa tanda usus kotor yang bisa memengaruhi kesehatan. Kesehatan usus merupakan salah satu faktor kunci dalam menjaga keseimbangan tubuh keseluruhan. Foto/Northeast Digestive
JAKARTA - Ada beberapa tanda usus kotor yang bisa memengaruhi kesehatan. Kesehatan usus merupakan salah satu faktor kunci dalam menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Usus yang bersih dan sehat membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi berlangsung dengan baik. Namun, gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan usus menjadi kotor.

Seperti halnya pola makan buruk, stres, kurangnya aktivitas fisik, serta konsumsi obat-obatan tertentu. Kondisi ini berisiko memicu masalah kesehatan yang lebih serius.



Berikut adalah tanda usus kotor yang perlu diperhatikan dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (10/9/2024).

7 Tanda Usus Kotor yang Perlu Diwaspadai





1. Sembelit Berkepanjangan



Salah satu tanda paling umum dari usus kotor adalah sembelit yang sering terjadi atau berkepanjangan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penumpukan racun dan sisa makanan yang mengeras di dinding usus besar, sehingga membuat buang air besar menjadi sulit dan menyakitkan. Pola makan rendah serat dan kurang minum air putih biasanya memperburuk masalah ini.

2. Perut Kembung dan Gas Berlebihan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More