Fakta-fakta di Balik Kemegahan Istana Kerajaan Abad Pertengahan, Kotor dan Sangat Menjijikan

Rabu, 18 September 2024 - 04:47 WIB
Kehidupan kerajaan dianggap serba mewah dengan bangunan menakjubkan. Namun, dari sudut lain, istana justru menjijikan. Foto/ getty
JAKARTA - Banyak orang menggambarkan kehidupan kerajaan yang serba mewah dengan bangunan menakjubkan yang dirancang oleh arsitektur paling mengesankan yang pernah ada.

Sebut saja Istana Versailles Prancis hingga Istana Kensington London. Tempat-tempat ini memiliki lorong-lorong yang mengagumkan, memperlihatkan kemegahan rumah-rumah kerajaan. Sayang, istana-istana ini mengabaikan beberapa detail penting, yang membuat istana terasa menjijikan.





Dikutip star insider, ketika pertama kali dibangun, istana benar-benar menjadi tempat kekuasaan raja, tetapi kemudian terlihat lebih buruk dari kandang babi.

Istana Louvre misalnya. Ini menjadi kenyataan pahit dari abad-abad yang lalu: bau tak sedap, serangan tikus dan tumpukan kotoran manusia yang mengotori lantai.

Sejarah Kemegahan Istana Kerajaan yang Sangat Menjijikan

Kurangnya perpipaan merupakan masalah paling mendesak di istana kerajaan di masa lalu. Tidak ada air ledeng atau toilet siram. Bagaimana Anda membayangkannya?

Sebagai gantinya, pispot berserakan di sekitar dan dikosongkan secara berkala oleh para pelayan. Kotoran manusia kemudian disimpan di ruang bawah tanah yang sangat besar, yang pada akhirnya harus dikosongkan.

Sementara, banyak bangsawan yang tidak mau repot-repot mencari pispot. Kadang-kadang mereka hanya akan membuang celana mereka di mana pun mereka memiliki sedikit privasi, seperti lorong, tangga atau perapian dan melakukan urusan mereka di lantai itu!

Seorang pengunjung Istana Louvre, Paris pada 1675 memberikan penjelasan tentang situasi ini: "di tangga besar" dan "di balik pintu dan hampir di mana-mana orang melihat tumpukan kotoran, orang mencium ribuan bau tak tertahankan yang disebabkan oleh panggilan alam yang setiap orang lakukan di sana setiap hari."

Raja Henry VIII (1491-1547)

Raja Henry VIII memiliki istana yang jauh lebih besar daripada kebanyakan orang, yang mengakibatkan lebih banyak kekacauan, tetapi dia lebih peduli dengan kebersihan daripada bangsawan Eropa lainnya pada masa itu. Sayang, dia menghadapi pertempuran yang berat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!