Daftar Gaji Anggota Keluarga Kerajaan Inggris, Raja Charles hingga Adik-adiknya

Minggu, 13 Oktober 2024 - 21:21 WIB
Daftar gaji anggota keluarga kerajaan Inggris akan dibahas dalam artikel ini. Raja Charles III dan keluarganya memang mengemban tugas utama mengabdi untuk publik, tapi bukan berarti mereka tidak menerima gaji atau pendapatan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Daftar gaji anggota keluarga kerajaan Inggris akan dibahas dalam artikel ini. Raja Charles III dan keluarganya memang mengemban tugas utama mengabdi untuk publik, tapi bukan berarti mereka tidak menerima gaji atau pendapatan.

Sumber pendapatan utama raja Inggris berasal dari Sovereign Grant, sebuah dana hibah yang didapat pihak kerajaan dari pemerintah Inggris. Dana tersebut dialokasikan sebagai anggaran Royal Household guna memenuhi kebutuhan kerajaan. Menurut BBC, dana dari Sovereign Grant bernilai 86,3 juta poundsterling atau sekitar Rp1,7 triliun per tahun.

Uang dari Sovereign Grant tidak hanya masuk ke kantong Raja Charles III. Ada juga yang dihabiskan untuk pemeliharaan properti dan menggaji staf kerajaan. Termasuk untuk membiayai acara-acara yang dihelat keluarga kerajaan yang jumlahnya mencapai 2.500 agenda tiap tahun.







Glamour UK

Sementara itu, mengutip US Magazine, untuk pengeluaran pribadi Raja Charles sendiri, ia menerima tunjangan yang disebut Privy Purse yang berasal dari Kadipaten Lancaster, sebuah portofolio tanah, properti, dan aset terpisah yang disimpan dalam perwalian untuk pemimpin kerajaan yang nilainya mencapai 654 juta pound atau sekitar Rp13,3 triliun. Kadipaten Lancaster ini telah diwariskan secara turun temurun kepada raja-raja Inggris, di mana dari sini raja mendapat pemasukan per tahun sebesar 20 juta pound atau setara dengan Rp406 miliar.

Berikut besaran gaji yang diterima para anggota keluarga kerajaan Inggris, yang dirangkum dari beberapa sumber pada Minggu (13/10/2024).

1. Raja Charles III dan Ratu Camilla

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More