10 Sumber Kekayaan Raja Charles III Selain Gaji, Perusahaan hingga Properti

Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:35 WIB
Sebagai bagian dari monarki terkaya di dunia, Raja Charles III memiliki kekayaan yang terbilang fantastis. Foto/Dok AP
JAKARTA - Sebagai bagian dari monarki terkaya di dunia, Raja Charles III memiliki kekayaan yang terbilang fantastis. Selain menerima gaji yang menjadi haknya, Raja Inggris itu juga memiliki sumber pemasukan lain yang berasal dari warisan ibundanya, yakni mendiang Ratu Elizabeth II.

Beberapa aset yang kini diwariskan kepada Raja Charles sejatinya sudah dimiliki oleh kerajaan sejak lama. Soal berapa besarannya secara nominal, para ahli kerajaan sendiri kesulitan memperkirakannya lantaran belum bisa disesuaikan dengan standar modern saat ini, atau dengan kata lain bernilai sangat tinggi.

Yang pasti, seluruh aset tersebut kini dalam penguasaan Raja Charles dan menjadi sumber kekayaannya . Lantas, apa saja aset itu? Berikut informasinya.





1. The Crown Estate

The Crown Estate atau yang disebut juga Monarchy PLC adalah perusahaan yang mengendalikan seluruh tanah dan kepemilikan para raja/ratu Inggris. Kendati demikian, keluarga kerajaan sendiri hanya memiliki kendali terbatas atas The Crown Estate karena sebagian besar aset ini dikelola oleh dewan independen atas nama monarki.

Namun, secara teknis, seluruh tanah di Wales, Irlandia Utara, dan Inggris adalah milik Crown Estate. Nilai aset yang dikelola perusahaan ini mencapai USD34,3 miliar atau sekitar Rp530 triliun.

2. Duchy of Cornwall



Duchyofcornwall.org

Duchy of Cornwall adalah sebidang tanah luas yang dikelola oleh anggota keluarga kerajaan untuk menghasilkan uang bagi monarki.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More