Mengenal 7 Manfaat Vitamin B Kompleks, Ampuh Mengatasi Masalah Kulit

Minggu, 27 September 2020 - 21:18 WIB
Bukan rahasia lagi jika vitamin B memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Namun, yang paling populer dan sering digunakan sebagai key ingredients skincare adalah vitamin B3. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Bukan rahasia lagi jika vitamin B memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Namun, yang paling populer dan sering digunakan sebagai key ingredients skincare adalah vitamin B3 atau dikenal dengan niacinamide.

Vitamin B3 telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan produk kolagen dan memudarkan noda hitam di wajah. Tak hanya niacinamide atau vitamin B3 yang ampuh untuk kecantikan, juga jenis vitamin B lainnya memiliki peran serupa, seperti B1, B2, B5, B6, B9, dan B12.

Dermatology dr. Ruri Pamela, SpKK mengatakan bahwa vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh unuk mengatasi masalah kulit. Kulit justru akan tampak kusam, tidak berkilau, mudah mengalami peradangan atau iritasi, dan mengalami penuaan dini jika kekurangan vitamin B kompleks.

Namun, Dr. Ruri mengingatkan untuk tidak menggunakan skincare berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks itu sendiri. (Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Imunitas Tubuh )

“Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari,” kata ahli kulit yang juga sebagai ekspert Swissvita Indonesia ini.



Wanita pun harus memerhatikan manfaat vitamin B yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More