Tips Aman Menginap di Hotel Selama Liburan di Masa Pandemi

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 17:18 WIB
Foto/dok
Mungkin diantara Anda yang ingin sekadar staycation atau bahkan pergi keluar kota. Walaupun pemerintah mengajurkan untuk tetap di rumah selama pandemi. Bermalam di hotel termasuk berisiko terhadap penularan Covid-19 .



Dan Anda harus mempertimbangkannya masak-masak. “Ini soal meminimalisir risiko. Anda tidak bisa menghapus risikonya sama sekali tapi menekannya,” kata Dr. Thomas Russo, kepala Divisi Penyakit Infeksi di Buffalo’s Jacobs School of Medicine and Biomedical Sciences. Meski begitu ada cara untuk menekan risiko penyebaran virus:

1. Pilih destinasi dengan bijak

“Faktor yang penting adalan memahami transmission rate di tempat yang dituju,” kata Dr. Natasha Bhuyan. Kalau tujuan Anda adalah tempat yang angka kasusnya rendah tentu akan sangat baik. Tapi ingat, pengunjung yang datang berasal dari berbagai wilayah bahkan negara. (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)



2. Ketahui protokol kesehatan yang dijalakan hotel.

“Risiko transmisi yang besar adalah terlalu dekat dengan orang lain. Semakin sedikit kontak dengan orang lain, akan semakin baik,” kata Dr. Brian Labus, asisten profesor dari University of Nevada, Las Vegas’ School of Public Health.

Cari tahu bagaimana protokol kesehatan yang dilakukan hotel. Apakah ruangan maupun kamar Anda didisinfektan? Apakah prasmanan yang disediakan dijaga kebersihan dan keamanannya dari risiko penularan virus? Apakah kursi yang disediakan di restoran hotel di beri jarak sehingga para tamu tidak berkerumun?

Informasi ini bisa diketahui lewat situs resmi hotel kalaupun tidak ada, Anda bisa menelpon langsung ke resepsionis hotel yang dituju.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More