Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:45 WIB
foto / dok istimewa
JAKARTA - Pengakuan penyanyi Billie Eilish perihal sindrom tourette pada pertengahan tahun lalu kembali menjadi trending topik. Kondisi ini sudah diidap pelantun Bad Guy itu sejak kecil, yang membuatnya tiba-tiba menggerakkan mata ke samping dan menaikkan salah satu alis matanya beberapa kali.

Dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (19/12) sindrom tourette adalah kelainan yang melibatkan gerakan berulang atau suara yang tidak diinginkan (tics) yang tidak dapat dikontrol dengan mudah. Misalnya, Anda berulang kali mengedipkan mata, mengangkat bahu, atau mengeluarkan suara yang tidak biasa atau kata-kata yang menyinggung.





Tics biasanya muncul antara usia 2 dan 15, dengan rata-rata sekitar usia 6 tahun. Laki-laki sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom tourette.



Meskipun tidak ada obat untuk sindrom tourette, perawatan tersedia. Banyak orang dengan sindrom tourette tidak memerlukan perawatan saat gejalanya tidak mengganggu. Tics sering berkurang atau menjadi terkontrol setelah masa remaja.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More