Hasil Tes Swab Negatif Bukan Jaminan Bebas Covid-19, Ini Penjelasannya!

Jum'at, 28 Mei 2021 - 11:20 WIB
Hasil swab test negatif bukan berarti seseorang otomatis bebas Covid-19. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Swab test menjadi salah satu hal penting yang dilakukan untuk melakukan tracing. Biasanya seseorang merasa aman bila hasil test swabnya negatif. Meski demikian, hasil swab negatif tidak menjamin seseorang kebal terhadap Covid-19, Sebab, kemungkinan seseorang terpapar Covid-19 masih sangat besar, terlebih jika abai dalam menerapkan protokol kesehatan 3M.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Jumat (28/5/2021), Meskipun di kereta api, bus, kapal, pesawat udara, posisi duduk sudah diatur berjauhan dan telah dilakukan swab antigen atau PCR hasilnya negatif, namun infeksi Covid-19 masih bisa menular selama perjalanan.

Seseorang masih bisa tertular sebab kepekaan tes-tes tersebut hanya sekira 80-95 persen. Artinya orang di dalam pesawat udara, kereta api, bis, kapal, dan lainnya mungkin 5-20 persen positif Covid-19. Sayangnya tidak terdeteksi oleh tes tersebut sehingga seolah-olah negatif.



4,Test swab antigen atau PCR bukan mengukur kekebalan seseorang, tetapi untuk mendetekasi apakah seseorang sudah tertular virus corona dan kemampuan tes tersebut sangat bervariasi sekira 80-95 persen.



5.Artinya dari 100 orang yang negatif, kemungkinan 5-20 orang sebenarnya positif, tetapu tidak terdeteksi oleh tes tersebut sehingga selama di perjalanan 5-20 orang tersebut tanpa disadari dapat menularkan ke orang-orang sekitarnya.
(wur)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More