Gejala Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Susah Tidur

Selasa, 07 September 2021 - 11:41 WIB
Gejala gagal ginjal mempunyai beberapa ciri, dari rasa gatal hingga susah tidur. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Gejala gagal ginjal memiliki beberapa tanda, dari rasa gatal hingga susah tidur. Gagal ginjal sendiri pada kebanyakan kasus merupakan kondisi komplikasi dari beberapa penyakit yang sudah menyerang tubuh sebelumnya. Jadi, karena sudah adanya kerusakan permanen akibat suatu penyakit yang menahun, gagal ginjal pun muncul.



Ketika ginjal rusak, organ tubuh satu ini tak bekerja sebagaimana mestinya. Apabila kerusakan ini terus memburuk, individu dikatakan mengalami penyakit ginjal kronis.

"Gagal ginjal merupakan tahap akhir (paling parah) dari penyakit ginjal kronis. Inilah sebabnya mengapa gagal ginjal disebut juga sebagai penyakit ginjal stadium akhir atau disingkat ESRD," jelas laman resmi Kidney Fund, dikutip Selasa (7/9/2021).

Lalu, apa saja penyakit yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal? Salah satu yang persentasenya cukup tinggi adalah diabetes. Tekanan darah tinggi jadi penyebab kedua masalah ESRD ini.



Masalah lain yang juga dicurigai menyebabkan gagal ginjal adalah penyakit autoimun seperti lupus dan nefropati IgA, hingga serangan jantung akibat penggunaan obat-obatan terlarang atau penyalahgunaan narkoba.

"Memiliki salah satu gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gagal ginjal bukan berarti Anda pasti akan mengalami gagal ginjal. Risiko tersebut dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat dan kooperatif dengan dokter Anda dapat menurunkan risiko," ungkap laporan tersebut.

Lantas, apa saja gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai?

1. Gatal
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More