4 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Setelah Vaksinasi

Rabu, 08 September 2021 - 09:32 WIB
4 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Setelah Vaksinasi. Foto/Aldhi Chandra.
JAKARTA - Mencegah penularan Covid-19 setelah vaksinasi merupakan hal yang penting. Pasalnya, meski vaksin memberikan perlindungan terkuat, bukan berarti Anda terbebas dari virus corona begitu saja.

Kondisi ini disebut sebagai infeksi terobosan atau kasus di mana seseorang tertular atau mengembangkan Covid-19 setelah vaksinasi sekarang menjadi masalah nyata di seluruh dunia.

Meskipun telah dipastikan bahwa vaksin bukanlah pencegahan 100%, perlindungan yang dijamin oleh vaksin membuat orang yang mengalami infeksi terobosan hanya mengembangkan infeksi ringan dan risiko dirawat di rumah sakit atau meninggal karena Covid-19 kecil.

Ada faktor risiko tertentu dan tindakan yang dapat membuat seseorang terkena Covid-19, bahkan setelah divaksinasi sepenuhnya. Misalnya, mereka yang berada di garis depan (menghadapi risiko paparan yang tinggi) atau mereka yang memiliki penyakit penyerta yang parah (yang dapat membuat kekebalan lebih lemah dan lebih rentan terhadap penyakit).

Ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan juga bisa menjadi penyebabnya. Namun ada beberapa tindakan pencegahan utama dan tips keamanan yang dapat mengurangi kemungkinan infeksi terobosan. Berikut ulasannya dilansir dari Times of India, Rabu (8/9/2021).





1. Menggunakan masker

Maraknya kasus pascavaksinasi dan munculnya varian Delta telah membawa penekanan pada penggunaan masker. Meskipun vaksin melindungi Anda dari tingkat keparahan penyakit, kebersihan dan menggunakan masker adalah beberapa cara untuk mencegah penularan infeksi. Masker tidak boleh dihentikan, bahkan jika Anda telah divaksinasi.

2. Perhatikan tempat yang dikunjungi
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More