8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi, Cepat dan Aman

Senin, 15 November 2021 - 05:15 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat dan aman sangat beragam. Mengubah pola makan secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Foto/Prevention.
JAKARTA - Makanan penurun tekanan darah tinggi dengan cepat dan aman sangat beragam. Mengubah pola makan secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Obat-obatan, perubahan pola makan, dan modifikasi gaya hidup lainnya dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus menurunkan risiko kondisi terkait. Memiliki tekanan darah tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung , stroke , dan penyakit ginjal .

Berikut makanan penurun tekanan darah tinggi dilansir dari Healthline, Senin (15/11/2021).



1. Berry





Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid. Peneliti melakukan studi besar dengan lebih dari 34.000 orang dengan hipertensi. Ditemukan bahwa mereka yang memiliki asupan antosianin tertinggi terutama dari blueberry dan stroberi, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen, dibandingkan dengan mereka yang asupan antosianinnya rendah.

Nikmati buah beri sebagai camilan atau makanan manis setelah makan, atau tambahkan ke smoothies dan oatmeal.

2. Pisang
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More