Sempat Dipandang Sebelah Mata, Vaksin Sinovac dan Sinopharm Ternyata Miliki Kelebihan Ini

Selasa, 01 Februari 2022 - 15:06 WIB
Vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm pada awalnya sempat dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm pada awalnya sempat dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Pasalnya, vaksin tersebut dianggap sebagai vaksin Covid-19 terlemah dibanding lainnya.

Namun, nyatanya sebuah studi menemukan bahwa vaksin Sinovac dan Sinopharm memiliki kemampuan mumpuni melawan varian Delta.

Padahal varian Delta diyakini lebih parah lantaran berpotensi menimbulkan kesakitan bahkan kematian.



Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (1/2/2022), dalam studi penelitian berdasarkan data real-world yang digelar di China, menunjukkan bahwa dua dosis vaksin Sinovac terbukti efektif melawan varian Delta.



Dalam makalah penelitian, para peneliti menuliskan kedua vaksin ini secara persentase, memperlihatkan hasil 52 persen efektif melawan infeksi Covid-19 akibat varian Delta.

Kemudian, 60 persen untuk penyakit simtomatik, 78 persen efektif melawan pneumonia, serta 100 persen untuk infeksi Covid-19 parah atau kritis.

Sebagai catatan, dalam makalah penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine tersebut, studi ini disebutkan tidak menghasilkan data yang cukup untuk memberikan pem

Selain jadi yang paling banyak digunakan dalam program vaksinasi di China sendiri, vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Sinopharm diketahui juga banyak digunakan di negara lain seperti Indonesia, Brasil, hingga Uni Emirat Arab.
(nug)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More