Di Tengah Pandemi, FFI 2020 Tetap Digelar

Selasa, 16 Juni 2020 - 20:26 WIB
Lukman menjelaskan, dengan tetap digelarnya FFI, maka akan menjadi semangat dan penanda bahwa perfilman Indonesia tetap ada meski di tengah pandemi. Menurutnya, pemberian penghargaan ini tidak hanya akan menguatkan perfilman Tanah Air, namun juga para pelaku film yang terlibat di dalamnya.

Komite Penjurian dan Seleksi FFI Nia Dinata menjelaskan, tantangan terberat dari proses penjurian di FFI tahun ini adalah penundaan penayangan film-film dari tanggal 15 Maret 2020 hingga saat ini. Padahal biasanya setiap minggu ada 2-3 film yang tayang di bioskop dan menjadi daftar para kurator untuk tahap seleksi awal. ( )

Nia mengungkapkan, sampai saat ini para kurator di komite sudah mengumpulkan 53 judul film panjang yang tayang per 1 Oktober 2019 hingga 15 Maret 2020 yang sudah bisa diakses para kurator. Komite penjurian masih memberi kesempatan bagi film-film lain untuk diseleksi di FFI dengan adanya fleksibilitas penayangan. Semisal ditayangkan di drive in cinema ataupun film yang ditayangkan di platform OTT.

Sementara untuk seleksi film pendek, dokumenter, dan animasi, komite FFI akan menggandeng asosiasi untuk mulai melakukan kurasi.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More