Sandiaga Sebut ITMP Jadi Modal Pengembangan Parekraf

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:21 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menyebut Integrated Tourism Master Plan Program (ITMP) bisa menjadi modal utama pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto/Novie Fauziah
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Integrated Tourism Master Plan Program (ITMP) bisa menjadi modal utama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Hal tersebut bisa terwujud melalui komitmen dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh stakeholder. ITMP juga memberikan peluang bagi Manado, Likupang dan Bangka menjadi kawasan destinasi yang akan membuka peluang usaha, serta menciptakan lapangan kerja.

"Dan ini bagian daripada penyusunan pariwisata era baru. Serta tatanan ekonomi baru, pasca pandemi," kata Sandiaga dalam Rapat Koordinator Tingkat Menteri RIDPN/ITMP Manado, Likupang dan Bangka Belitung di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (29/3/2022).

Sandiaga pun mengapresiasi dan optimis, bahwa sektor pariwisata di Indonesia dimulai kebangkitannya pada ITMP ini. Serta para deputi tokoh diminta untuk segera menindaklanjuti, karena kedepannya akan ada tindak lanjut yang lebih spesifik untuk fokus di area yang telah diarahkan ke quality and sustainability to reason.





Dia yakin bahwa Manado, Likupang dan Bangka Belitung akan jadi bagian kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Sandiaga menambahkan, nantinya yang akan dirasakan oleh wisatawan mancanegara adalah quality and sustainability.

Juga nature dan culture di tiga destinasi tersebut, akan ditambah wisata buatan yakni lima lapangan golf internasional di destinasi super prioritas sampai 2025 yang akan datang.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menambahkan bahwa melibatkan 18 kementerian atau lembaga dan dua provinsi menjadi pekerjaan yang cukup menantang.

Hal tersebut karena nantinya akan mengeksekusi dan bermain cepat, guna menggenjot kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, khususnya dalam sektor parekraf.

(dra)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More