Rutin Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes
Minggu, 10 April 2022 - 17:10 WIB
Kopi bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Foto/Scitechdaily
JAKARTA - Setiap tahun, angka diabetes terus meningkat jumlahnya. Diabetes yang tak terkontrol sulit untuk ditangani dan diobati. Selain itu, sejumlah faktor dapat meningkatkan atau menurunkan risiko seseorang terhadap kondisi tersebut.
Sekitar lima juta orang di Inggris memiliki bentuk diabetes. Sekitar 90 persen kasus, adalah tipe dua. Bentuk diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-sel dalam tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tipe satu, sementara itu, menyumbang 10 persen kasus lainnya.
Dikuti dari lama Express, Beberapa faktor dapat meningkatkan atau menurunkan kemungkinan seseorang terkena kondisi tersebut.Termasuk seberapa banyak kopi yang mereka konsumsi.Sementara asumsi awal mungkin kopi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe dua, ternyata yang terjadi justru sebaliknya.
Baca Juga : Ini Alasan Ibu Hamil Penderita Diabetes Kurang Disarankan Berpuasa
Menurut sebuah penelitian dari Universitas Harvard, orang yang mengurangi konsumsi kopi sebanyak satu cangkir sehari selama periode empat tahun, 17 persen lebih mungkin terkena diabetes.Selanjutnya, mereka yang menambahkan secangkir ekstra mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 11 persen.
Sekitar lima juta orang di Inggris memiliki bentuk diabetes. Sekitar 90 persen kasus, adalah tipe dua. Bentuk diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-sel dalam tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Tipe satu, sementara itu, menyumbang 10 persen kasus lainnya.
Dikuti dari lama Express, Beberapa faktor dapat meningkatkan atau menurunkan kemungkinan seseorang terkena kondisi tersebut.Termasuk seberapa banyak kopi yang mereka konsumsi.Sementara asumsi awal mungkin kopi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe dua, ternyata yang terjadi justru sebaliknya.
Baca Juga : Ini Alasan Ibu Hamil Penderita Diabetes Kurang Disarankan Berpuasa
Menurut sebuah penelitian dari Universitas Harvard, orang yang mengurangi konsumsi kopi sebanyak satu cangkir sehari selama periode empat tahun, 17 persen lebih mungkin terkena diabetes.Selanjutnya, mereka yang menambahkan secangkir ekstra mengurangi risiko terkena diabetes sebesar 11 persen.
Lihat Juga :