Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 23 Mei 2022 - 14:35 WIB
Makanan pendamping ASI bisa menjadi salah satu faktor yang membuat bayi tidur pulas. Foto/KlikDokter
JAKARTA - Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi bayi. Tidur yang cukup akan membuat bayi sehat karena saat tidur, sel-sel tubuh beregenerasi dan terjadi detoksifikasi sehingga dapat mengembalikan energi setelah bangun.

Selain itu, tidur yang cukup dapat membantu pertumbuhan bayi. Karena saat bayi tertidur lelap di malam hari, hormon-hormon pertumbuhan akan keluar.

Agar bayi tidur nyenyak, tentunya orang tua perlu melakukan sleep hygiene. Misalnya, dengan mengganti popok dan pakaian, memBaca Juga: Biasakan Bayi Tidur Siang, Ini Tips Lengkapnya
Pisang

Pada anak di atas 6 bulan, MPASI dengan berbagai komposisi sudah dapat diberikan. Salah satu MPASI yang bisa disajikan kepada bayi yakni pisang.Pisang adalah makanan yang dapat membuat bayi mudah tertidur nyenyak. Selain kandungan karbohidrat di dalamnya yang mengenyangkan, pisang juga menyimpan melatonin dan magnesium yang membantu bayi terlelap pulas.



Salmon

Makanan lain yang dapat membuat bayi cepat tidur adalah salmon. Ikan salmon merupakan sumber protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi.Tak hanya itu, ikan salmon juga dapat memicu keluarnya hormon melatonin yang bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Oat

Pada bayi usia 6 bulan ke atas, orang tua dapat memberikan oat di malam hari agar bayi tidur lebih pulas.Oat membuat bayi kenyang lebih lama, sehingga ia bisa tertidur lebih pulas. Apalagi oat juga mengandung melatonin yang dapat membuat bayi tidur sepanjang malam.Kandungan serat yang terdapat dalam oat juga mampu memperlancar sistem pencernaan bayi Anda.
Halaman :