Pilihan Makanan Pendamping ASI yang Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Senin, 23 Mei 2022 - 14:35 WIB
Nanas

Buah nanas dapat diberikan kepada bayi dalam jumlah terbatas sebagai pengenalan rasa. Selain untuk memperkenalkan rasa kepada bayi, nanas juga mengandung melatonin sehingga membuatnya mudah tidur.Para peneliti menemukan bahwa setelah mengonsumsi nanas, penanda melatonin dalam tubuh dapat naik hingga 266 persen. Itulah mengapa nanas bisa menjadi MPASI untuk membantu bayi terlelap.

Anggur

Anggur merupakan salah satu makanan yang membuat bayi tidur lebih nyenyak. Itu karena anggur mengandung melatonin di dalamnya.Anggur memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lunak, sehingga biasanya digemari oleh bayi. Namun, tetap batasi konsumsi anggur untuk bayi karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Bayam

Sayuran yang satu ini sering diolah menjadi menu MPASI karena nutrisinya yang beragam. Selain mengandung zat besi serta vitamin C, bayam juga menyimpan asam amino triptofan.Triptofan dapat merangsang pengeluaran hormon melatonin dan serotonin, sehingga dapat membantu bayi tidur nyenyak.

Baca Juga: Berapa Lama Kebutuhan Tidur Bayi?
Nasi Putih

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam nasi putih dapat membantu bayi kenyang hingga tertidur pulas.Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat menjelang waktu tidur dapat meningkatkan rasa kantuk.Namun, tentunya nasi tidak berikan sendirian saja kepada bayi. Tetap harus dikombinasikan dengan sumber protein dan lemak agar menjadi menu seimbang untuk bayi.

Kacang-kacangan
Halaman :