Ahli Peringatkan Cacar Monyet Mematikan dan Sebabkan Cacat Permanen

Selasa, 07 Juni 2022 - 20:00 WIB
Kasus cacar monyet sedang menjadi perhatian dunia. Singapura sudah melaporkan kasus cacar monyet, itu artinya semakin dekat penyakit ini ke Indonesia. Foto Ilustrasi/Netec
JAKARTA - Kasus cacar monyet sedang menjadi perhatian dunia. Singapura sudah melaporkan kasus cacar monyet, itu artinya semakin dekat penyakit ini ke Indonesia.

Banyak kekhawatiran orangtua akan penyakit cacar monyet ini yang katanya amat berbahaya jika menginfeksi anak-anak. Ada informasi juga menyatakan bahwa cacar monyet mematikan, benarkah begitu?

Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, Sp.A(K) menjelaskan, memang benar cacar monyet mematikan. Tapi, pada kasus yang tengah merebak di negara-negara non endemi, virusnya tidak mematikan.







"Jadi, jika kita membahas cacar monyet, virus penyebabnya itu ada 2 jenis, ada yang berasal dari Afrika Barat dan Afrika Tengah. Nah, yang mematikan itu jenis virus cacar monyet dari Afrika Tengah," kata dr Irma dalam Live Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia @idai_ig, Selasa (7/6/2022).

Mengapa jenis virus cacar monyet Afrika Tengah mematikan dibanding virus Afrika Barat?

Menurut dr Irma, itu karena case fatality rate-nya tinggi. Penilaian keparahan kasus hanya dari sana. Sebab, gejala yang ditimbulkan dari dua jenis virus cacar monyet tersebut tidak berbeda.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More