5 Kota Tersempit dan Terkecil di Dunia, Nomor Terakhir Punya Pemandangan Fantastis

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:00 WIB
Kota tersempit dan terkecil di dunia sangat menarik diulas. Diantaranya Kota Yanjin, China.
JAKARTA - Kota tersempit dan terkecil di dunia sangat menarik diulas. Ya, setiap kota menjadi tempat yang sangat bervariasi di dunia.

Setiap kota memiliki ciri khasnya masing-masing yang dilihat dari budaya, adat istiadat, penduduk, sampai luas wilayahnya.

Salah satu keunikan kota dapat dilihat dari luasnya yang kecil dan sempit. Diolah dari berbagai sumber, berikut ini kota tersempit dan terkecil di dunia.

1. Kota Yanjin





Kota Yanjin/Kredit foto/Instagram @moon_nature_sky

Kota Yanjin dianggap sebagai kota tersempit di dunia. Kota ini dibangun di sepanjang Sungai Nanxi dan terletak di antara pegunungan terjal Provinsi Yunnan, China. Kota ini berbentuk seperti sandwich, dengan Sungai Nanxi mengalir melaluinya. Hal yang membedakan kota ini dengan kota lainnya yakni, lebar permukiman di sini hanya mencapai 30 meter sampai 300 meter saja. Ada satu lagi ciri khas kota ini. Tanah adalah komoditas berharga di kota, dan banyak rumah dibangun seluruhnya di tepi sungai. Rumah-rumah dibangun di atas pilar-pilar ramping seperti panggung untuk melindungi mereka ketika permukaan air naik karena banjir.



2. Kota Vatikan
Halaman :