Dialami Dicky Topan, Ini 10 Gejala Pembengkakan Jantung yang Tak Boleh Disepelekan

Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:13 WIB
Gejala pembengkakan jantung seperti yang dialami Dicky Topan tidak boleh disepelekan. Pembengkakan jantung bukanlah penyakit, melainkan tanda dari kondisi lain. Foto/Instagram Dicky Topan
JAKARTA - Gejala pembengkakan jantung seperti yang dialami Dicky Topan tidak boleh disepelekan. Pembengkakan jantung atau kardiomegali bukanlah penyakit, melainkan tanda dari kondisi lain.

Istilah kardiomegali mengacu pada pembengkakan jantung yang terlihat pada tes pencitraan apa pun, termasuk rontgen dada. Tes lain kemudian diperlukan untuk mendiagnosis kondisi yang menyebabkan pembesaran jantung.

Kerusakan jantung dan beberapa jenis penyakit jantung dapat menyebabkan pembengkakan jantung. Terkadang stres jangka pendek pada tubuh, seperti kehamilan, dapat menyebabkan jantung menjadi lebih besar. Tergantung pada kondisinya, jantung yang membesar mungkin bersifat sementara atau permanen.

Pada beberapa orang, pembengkakan jantung tidak menimbulkan tanda atau gejala. Namun, orang lain mungkin memiliki tanda dan gejala kardiomegali berikut ini seperti dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (8/7/2022).





1. Sesak napas, terutama saat berbaring

2. Bangun tidur sesak napas

3. Irama jantung tidak teratur (aritmia)

4. Pembengkakan (edema) di perut atau kaki
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More