10 Makanan dan Minuman Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi usai Makan Daging Kurban

Minggu, 10 Juli 2022 - 05:00 WIB
Beberapa makanan dan minuman bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban. Menurut penelitian, terbukti ampuh menurunkan kolesterol naik. Foto/Getty Images
JAKARTA - Beberapa makanan dan minuman bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban. Menurut penelitian, makanan dan minuman ini terbukti ampuh dan aman untuk menurunkan kolesterol naik .

Karena itu, sejumlah makanan dan minuman ini bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol . Terlebih, daging kurban seperti sapi, domba dan kambing mengandung lemak tinggi. Konsumsi daging kurban secara berlebihan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah naik.

Pastikan mengonsumsi dalam bentuk alaminya sebagai dari gaya hidup sehat untuk mencapai tujuan kesehatan. Makanan dan minuman ini bisa dikonsumsi secara rutin bersama obat penurun kolesterol dan perubahan gaya hidup sehat untuk hasil yang maksimal.

Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi setelah makan daging kurban dilansir dari Healthline, Minggu (10/7/2022).





1. Apel



Foto/Getty Images

Buah yang satu ini kaya akan kandungan pektin, yaitu kandungan nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, pektin dapat menyerap kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar tubuh melalui feses. Apel bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan.

2. Alpukat



Foto/Getty Images

Alpukat kaya akan vitamin K, C, B5, B6, E, kalium dan folat, serta senyawa lainnya yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Oat



Foto/Getty Images

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan makan semangkuk oatmeal. Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Serat yang ada dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda.

4. Bawang Putih



Foto/Getty Images

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. Namun seperti banyak terapi alternatif, penelitian telah menemukan hasil yang beragam.

Sebagai contoh, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Namun, sebuah studi yang didanai NCCIH tentang keamanan dan efektivitas bawang putih tidak menemukan efek jangka panjang pada kolesterol.

5. Ikan Salmon



Foto/Getty Images
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More