Warna Tinja Bisa Ungkap Penyakit Berbahaya dalam Tubuhmu, Ayo Cek!

Senin, 29 Juni 2020 - 05:37 WIB
Jika kamu merasa tidak sehat, coba sekali-sekali mengecek warna kotoranmu saat pup (buang air besar). Foto : Ilustrasi/Istimewa
MAKASSAR - Jika kamu merasa tidak sehat, coba sekali-sekali mengecek warna kotoranmu saat pup (buang air besar). Tak perlu jijik, karena dengan mengecek warna kotoran kamu bisa mengetahui penyakit apa yang mungkin menyerangmu sehingga segera bisa memeriksakannya ke dokter.

Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, berikut uraian isyarat kondisi kesehatanmu yang bisa dicek dari warna kotoranmu.

4. Tinja Berwarna Hitam

Warna hitam pada tinja bisa karena asupan obat seperti aspirin dan ibuprofen. Selain itu tinja berwarna hitam pekat bisa disebabkan oleh pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas, yang meliputi daerah kerongkongan, lambung dan usus kecil.

5. Tinja Berwarna Merah



Jika kotoranmu berwarna merah kamu disarankan untuk segera ke dokter, sebab bisa jadi kamu tengah mengidap penyakit serius seperti wasir, kolitis, ulserativa, atau bahkan kanker ganas. Baca Lagi : Yuk Deteksi Penyakit di Tubuh dengan Melihat Kondisi Lidah
(sri)