7 Makanan Sehat yang Tinggi Kolesterol, Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Minggu, 21 Agustus 2022 - 05:00 WIB
Banyak orang menghindari makanan sehat namun tinggi kolesterol seperti telur karena khawatir makanan tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Foto/Getty Images
JAKARTA - Banyak orang menghindari makanan sehat namun tinggi kolesterol seperti telur. Hal ini disebabkan karena khawatir makanan tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan, kebanyakan orang mengonsumsi makanan sehat berkolesterol tinggi tidak berbahaya bagi kesehatan. Terlebih lagi, beberapa makanan kaya kolesterol sarat dengan nutrisi penting yang kurang dalam diet banyak orang.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Endapan dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Berikut makanan sehat yang tinggi kolesterol dilansir dari Healthline, Minggu (21/8/2022).





1. Yoghurt



Foto/Getty Images

Yoghurt penuh lemak adalah makanan kaya kolesterol yang dikemas dengan nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium. Satu cangkir (245 gram) yoghurt penuh lemak mengandung 31,8 mg kolesterol. Penelitian mengaitkan peningkatan asupan produk susu fermentasi penuh lemak dengan penurunan kolesterol jahat dan tekanan darah, serta risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More