5 Buah Penurun Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Rabu, 14 September 2022 - 08:19 WIB
2. Beri

eri adalah pembangkit tenaga yang bergizi. Buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan juga sebagai salah satu sumber fitonutrien yang paling lezat dan serbaguna. Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, beri banyak mengandung bahan kimia bioaktif yang dapat mencegah penyakit jantung dan gangguan kronis lainnya.

"Beri membantu menurunkan kolesterol dan peradangan karena antioksidan,” jelas Chanduwadia.

3. Alpukat

Menurut Komisi Alpukat California, makan alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan Anda. Buah ini juga memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang antara lain bermanfaat bagi jantung. Selain itu, alpukat dapat secara signifikan mengelola kadar kolesterol baik dan kolesterol rendah.

4. Pisang

Pisang tidak hanya buah yang serbaguna dan mudah dimakan, tetapi juga merupakan makanan super yang luar biasa karena penuh dengan serat, vitamin dan mineral yang diperlukan, serta gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang juga mengandung vitamin C dan magnesium, menjadikannya sebagai tambahan sarapan yang baik. “Pisang adalah sumber potasium dan serat yang baik yang membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah," ujar Chanduwadia.

5. Jeruk

Pektin, zat yang ditemukan dalam pir dan apel, menurunkan kolesterol. Begitu juga buah jeruk. Buah ini kaya akan vitamin C dan serat dan karena memiliki kekuatan kualitas antioksidan, jeruk berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol baik yang sehat. Selain itu, vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah. Hanya saja Anda disarankan untuk menghindari minum jus karena mengandung gula dan pilihlah buah jeruk.
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More