Apakah Vaksin Covid-19 mRNA Tingkatkan Risiko Serangan Jantung? Ini Kata Ahli

Senin, 10 Oktober 2022 - 13:47 WIB
Berdasarkan hasil studi di Florida, Amerika Serikat, vaksin mRNA menunjukkan peningkatan risiko kematian 84% terkait jantung pada pria berusia 18-39 tahun. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Berdasarkan hasil studi di Florida, Amerika Serikat, vaksin mRNA menunjukkan peningkatan risiko kematian 84% terkait jantung pada pria berusia 18-39 tahun. Terkait hasil studi ini, para ahli menyarankan agar seseorang dengan riwayat penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menerima suntikan.

Ahli Bedah Umum Florida dr Joseph A. Ladapo mengatakan, terjadi peningkatan 84% kematian terkait jantung pada pria berusia 18-39 tahun dalam 28 hari setelah menerima vaksin Covid-19 mRNA. Studi ini dilakukan oleh Departemen Kesehatan Florida melalui rangkaian kasus yang dikendalikan sendiri, yang mana teknik awalnya dikembangkan untuk mengevaluasi keamanan vaksin.





Lantas, dari temuan tersebut, siapa yang harus berhati-hati dalam mengambil vaksin?



Dijelaskan di sana bahwa mereka yang sudah punya masalah jantung, seperti miokarditis dan perikarditis, harus ekstra hati-hati saat mempertimbangkan vaksinasi serta mendiskusikannya dengan dokter mereka,

"Mempelajari keamanan dan kemanjuran obat apa pun, termasuk vaksin, merupakan komponen penting dari kesehatan masyarakat," ungkap dr Joseph Ladapo, dikutip Senin (10/10/2022).

"Ini adalah temuan penting yang harus disampaikan," tambahnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More