Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Ampuh Makan dengan Kulitnya
Minggu, 16 Oktober 2022 - 06:30 WIB
Beberapa buah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah melewati vena dan arteri dengan kecepatan yang terlalu tinggi. Foto/Getty Images
JAKARTA - Beberapa buah bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah melewati vena dan arteri dengan kecepatan yang terlalu tinggi, yang memberikan tekanan tidak semestinya pada sistem kardiovaskular tubuh.
Dilansir dari Express, Minggu (16/10/2022) mengurangi tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi adalah kunci untuk kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan perubahan pola makan.
Studi yang diterbitkan pada 2013 oleh sekelompok peneliti dari Universitas Oslo meneliti tentang dampak buah pada tekanan darah perokok. Dalam kesimpulannya, peneliti menulis bahwa buah kiwi berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.
"Modifikasi gaya hidup untuk mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan merokok telah ditekankan. Buah dan sayuran dapat memodifikasi faktor risiko tersebut," jelas penelitian tersebut.
Baca Juga: 4 Rempah Penurun Darah Tinggi dan Penangkal Diabetes, Terbukti Ampuh
"Pada kelompok buah kiwi, penurunan 10 mmHg pada tekanan darah sistolik dan 9 mmHg pada tekanan darah diastolik diamati," sambungnya.
Dilansir dari Express, Minggu (16/10/2022) mengurangi tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi adalah kunci untuk kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan perubahan pola makan.
Studi yang diterbitkan pada 2013 oleh sekelompok peneliti dari Universitas Oslo meneliti tentang dampak buah pada tekanan darah perokok. Dalam kesimpulannya, peneliti menulis bahwa buah kiwi berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi.
"Modifikasi gaya hidup untuk mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan merokok telah ditekankan. Buah dan sayuran dapat memodifikasi faktor risiko tersebut," jelas penelitian tersebut.
Baca Juga: 4 Rempah Penurun Darah Tinggi dan Penangkal Diabetes, Terbukti Ampuh
"Pada kelompok buah kiwi, penurunan 10 mmHg pada tekanan darah sistolik dan 9 mmHg pada tekanan darah diastolik diamati," sambungnya.
Lihat Juga :