Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi, hanya Butuh 5 Bahan
Minggu, 30 Oktober 2022 - 05:30 WIB
Minuman herbal penurun kolesterol tinggi bisa dibuat di rumah. Selain terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol, minuman ini hanya membutuhkan lima bahan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Minuman herbal penurun kolesterol tinggi bisa dibuat di rumah. Pasalnya, selain terbukti ampuh dan efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah, minuman ini hanya membutuhkan lima bahan.
Meskipun ada obat untuk membantu menurunkan kolesterol, perubahan gaya hidup biasanya dianjurkan. Dan satu penelitian menunjukkan bahwa membuat minuman tertentu di rumah juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.
Dilansir dari Express, Minggu (30/10/2022) makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Nasional Indonesia pada 2020 ini merekomendasikan pencampuran bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel untuk menurunkan kolesterol tinggi.
Makalah tersebut menjelaskan bahwa obat herbal penurun kolesterol berbahan alami dipercaya mampu menggantikan obat modern meski belum terbukti secara ilmiah. Sebagai bagian dari penelitian, 55 orang mengonsumsi setidaknya satu sendok minuman herbal itu selama 6 bulan.
Baca Juga: 6 Obat Kolesterol Rumahan yang Mudah Didapat, Banyak di Dapur Baik catatan kesehatan mereka dan kuesioner yang diisi oleh para peserta kemudian dianalisis.
Hasilnya menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kolesterol setelah mengonsumsi minuman herbal.
Meskipun ada obat untuk membantu menurunkan kolesterol, perubahan gaya hidup biasanya dianjurkan. Dan satu penelitian menunjukkan bahwa membuat minuman tertentu di rumah juga bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi.
Dilansir dari Express, Minggu (30/10/2022) makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Nasional Indonesia pada 2020 ini merekomendasikan pencampuran bawang putih, jahe, lemon, madu, dan cuka sari apel untuk menurunkan kolesterol tinggi.
Makalah tersebut menjelaskan bahwa obat herbal penurun kolesterol berbahan alami dipercaya mampu menggantikan obat modern meski belum terbukti secara ilmiah. Sebagai bagian dari penelitian, 55 orang mengonsumsi setidaknya satu sendok minuman herbal itu selama 6 bulan.
Baca Juga: 6 Obat Kolesterol Rumahan yang Mudah Didapat, Banyak di Dapur Baik catatan kesehatan mereka dan kuesioner yang diisi oleh para peserta kemudian dianalisis.
Hasilnya menunjukkan bahwa 83,7 persen subjek mengalami penurunan kolesterol setelah mengonsumsi minuman herbal.
Lihat Juga :