Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pemain Sepakbola Sering Meludah ketika Bertanding

Sabtu, 26 November 2022 - 22:58 WIB
Di atas lapangan hijau, kita seringkali melihat para pemain yang kerap meludah, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal itu mereka lakukan. / Foto: The New York Times
JAKARTA - Sebagian besar perhatian dunia kini tertuju ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Dibuka sejak 20 November 2022, beragam aksi pesepakbola terbaik dunia tersaji di pentas empat tahunan tersebut.

Di atas lapangan hijau, kita seringkali melihat para pemain yang kerap meludah. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal itu mereka lakukan?

Sebagian penonton mungkin beranggapan bahwa kebiasaan meludah para pemain sepakbola di lapangan merupakan hal yang jorok. Namun, ternyata apa yang mereka lakukan tersebut memiliki penjelasan dari sisi medis.



Menurut beberapa penelitian, olahraga seperti sepakbola dapat meningkatkan jumlah protein yang dikeluarkan ke dalam air liur, terutama sejenis lendir yang disebut MUC5B. Hal inilah yang membuat air liur menjadi lebih kental dan sulit ditelan.



Konsultan senior Rumah Sakit Asia Faridabad, dr. Udit Kapoor kepada Indian Express, mengatakan bahwa air liur di mulut bisa mengental karena aktivitas fisik berat yang dilakukan, seperti dalam pertandingan sepakbola, sehingga para pemain memilih untuk meludahkannya.

"Ada jenis lendir khusus yang disebut MUC5B yang membuat air liur lebih kental dan karenanya lebih sulit untuk ditelan. Jadi, yang terbaik adalah meludahkannya," jelas dr. Udit Kapoor, seperti dikutip laman Times of India, Sabtu (26/11/2022).



(Foto: NY Times)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More