6 Sayuran Ini Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi

Rabu, 30 November 2022 - 07:32 WIB
ilustrasi
JAKARTA - Penderita darah tinggi dapat melakukan upaya untuk mengatasinya melalui asupan sayur-mayur. Ada enam jenis sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi. Sayuran ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Berikut 6 sayuran yang baik bagi penderita darah tinggi.

1. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran tinggi nitrat serta sarat antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium. Menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 27 orang, mereka yang mengonsumsi 500mL sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan sistolik (SBP) dan tekanan diastolik (DBP) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus rendah nitrat. Sup bayam juga mengurangi kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.



Baca juga: Tiket Konser Raisa Dijual Besok, Harganya Mulai dari Rp175 Ribu

2. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meski wortel bisa dinikmati dengan cara dimasak ataupun mentah, memakannya dalam kondisi mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40–59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More