5 Penyebab Kencing Manis alias Diabetes Melitus, Anak Muda Wajib Baca

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:36 WIB
"Pada dasarnya, diabetes terjadi ketika insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di dalam darah," terang laporan Kemenkes.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih detail 5 penyebab kencing manis alias diabetes melitus yang patut diwaspadai anak muda. Apa saja?

1. Tidak Aktif Bergerak

Orang yang tidak aktif bergerak sangat rentan kena diabetes atau kencing manis. Karena tidak bergerak, seseorang berisiko juga alami obesitas yang dapat meningkatkan potensi dirinya mengalami diabetes.

2. Kegemukan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kegemukan masuk dalam faktor risiko diabetes. Jika seseorang terlalu gemuk, mereka berisiko alami resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes.

3. Penyakit Jantung

Penyakit jantung berisiko memicu resistensi insulin atau kondisi di mana sel-sel otot, hati, dan lemak tidak menggunakan insulin dengan baik. Akibatnya, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk membuat glukosa masuk ke dalam sel.

Pada awalnya pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tapi seiring berjalannya waktu, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin dan kadar glukosa darah meningkat.

4. Riwayat Keluarga

Orang dengan riwayat keluarga pengidap diabetes berisiko tinggi mengalami penyakit serupa.

5. Gen

Gen juga dapat meningkatkan risiko diabetes dengan meningkatkan kecenderungan seseorang untuk kelebihan berat badan atau obesitas.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More