Pernikahan Dini Bisa Jadi Penyebab KDRT, Penting Siapkan Mental sebelum Berumah Tangga

Kamis, 19 Januari 2023 - 20:21 WIB
loading...
Pernikahan Dini Bisa Jadi Penyebab KDRT, Penting Siapkan Mental sebelum Berumah Tangga
Pernikahan dini bisa menjadi salah satu penyebab KDRT. Karena itu, penting untuk mepersiapkan mental, selain ekonomi sebelum memutuskan untuk berumah tangga. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Pernikahan dini bisa menjadi salah satu penyebab kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) . Karena itu, penting untuk mepersiapkan mental, selain ekonomi sebelum memutuskan untuk berumah tangga.

Pernikahan dini di Indonesia pun terbilang tinggi. Di mana berdasarkan data Komnas Perempuan, terdapat 59.709 pernikahan di bawah umur di Indonesia.

"Banyak yang berpikir umur 21 sudah boleh menikah. Oke menikah, tapi mereka belum dewasa," kata Dr. Jeanne Bernadine Tidajoh, M. Pd dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (19/1/2023).

Bukan tanpa alasan mereka yang akan menikah harus mempersiapkan mental. Menurut Jeanne, akan ada banyak masalah yang perlu dihadapi saat berumah tangga.



"Berumah tangga pasti ada problem lain karena ada tanggung jawab. Harus diselesaikan sendiri, itu yang perlu disiapkan untuk mau menikah," jelas Jeanne.

"Saya lihat banyak anak muda yang belum cukup dewasa dan mentalnya belum siap," tambahnya.

Jeanne menyarankan kepada anak muda yang akan menikah sebaiknya mempersiapkan mental dan kedewasaan. Terutama saat menyelesaikan masalah sehingga tidak terjadi KDRT.

"Bagi siapapun yang akan menikah, siapkan mental dan kedewasaan karena ketika berumah tangga ada hal yang harus diperhatikan," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3849 seconds (0.1#10.140)