Vaksin Campak Anak Bisa Digunakan untuk Orang Dewasa? Ini Penjelasan Kemenkes

Sabtu, 21 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Vaksin Campak Anak Bisa Digunakan untuk Orang Dewasa? Ini Penjelasan Kemenkes
Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosephine, untuk saat ini vaksin campak yang masuk dalam program Kemenkes hanya untuk anak-anak. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Salah satu upaya pencegahan campak yang dinilai efektif adalah imunisasi. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan pun kini kembali memasifkan imunisasi campak, mengingat penyakit ini sudah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Anak-anak menjadi target utama vaksinasi, karena kasus campak banyak terjadi pada kelompok anak-anak. Tapi, apakah orang dewasa boleh menerima vaksin campak yang diberikan ke anak-anak?

Dijelaskan Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Yosephine, untuk saat ini vaksin campak yang masuk dalam program Kemenkes hanya untuk anak-anak.

"Vaksin (yang) kami pakai itu vaksin campak Rubella, itu untuk anak-anak. Kalau untuk orang dewasa belum masuk program pemerintah," kata Prima dalam webinar Jumat sore, (20/1/2023).



Prima menerangkan, komponen yang ada di dalam vaksin campak Rubella anak-anak sama sebenarnya, tapi kandungan tidak sama.

Untuk orang dewasa, vaksin campak yang dipakai itu MMR. "Jadi, pakainya MMR untuk 'adult', tapi bukan yang vaksin campak anak-anak," tambah Prima.

Vaksin MMR adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari tiga jenis penyakit, yaitu campak (measles), gondongan (mumps), dan rubella. Pemberian vaksin ini dianjurkan pada semua golongan usia, terutama anak-anak dan dewasa yang belum mendapat vaksin ini.

Vaksin MMR mengandung kombinasi virus campak, gondongan, dan rubella yang telah dilemahkan. Pemberian vaksin yang dilemahkan akan memicu sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi guna melawan ketiga penyakit itu.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)