Ancaman Kanker Payudara Meningkat, Komunitas Bakul Budaya Gelar Program Dekap Indonesia Sehat

Sabtu, 21 Januari 2023 - 15:35 WIB
loading...
Ancaman Kanker Payudara Meningkat, Komunitas Bakul Budaya Gelar Program Dekap Indonesia Sehat
Ancaman kanker payudara perlu diwaspadai. Berdasarkan Data Globocan WHO tahun 2020, dari jumlah total kasus kanker baru di Indonesia yang mencapai 396.914. Foto/dok. Bakul Budaya
A A A
JAKARTA - Ancaman kanker payudara perlu diwaspadai. Berdasarkan Data Globocan WHO tahun 2020, dari jumlah total kasus kanker baru di Indonesia yang mencapai 396.914, 16,6% diantaranya adalah kanker payudara. Sedangkan untuk angka kematiannya sendiri, total kasus mencapai angka lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Upaya menumbuhkan kesadaran perempuan Indonesia menjadi strategi utama untuk menurunkan tingkat kasus kanker payudara. Atas dasar itulah, maka Komunitas BAKUL BUDAYA pun mengadakan program Dekap Indonesia Sehat atau Deteksi Dini Kanker Payudara untuk Indonesia Sehat. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Januari 2023 di pelataran Fakultas Ilmu Budaya UI Depok ini diisi dengan rangkaian acara seminar kesehatan dan pemeriksaan payudara.

Para peserta yang terdiri dari berbagai golongan usia dan latar belakang pun menyambut antusias acara ini. Tercatat lebih dari 100 orang peserta mengikuti acara yang diselenggarakan sekaligus untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek dan menyambut Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari 2023 ini.

Ancaman Kanker Payudara Meningkat, Komunitas Bakul Budaya Gelar Program Dekap Indonesia Sehat

Foto/Wiendy Hapsari

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Kurang Peduli Lakukan Sadari untuk Cegah Kanker Payudara

Ancaman Kanker Payudara Meningkat, Komunitas Bakul Budaya Gelar Program Dekap Indonesia Sehat

Foto/Wiendy Hapsari

Menariknya, acara ini juga diisi dengan pentas kolosal menari tarian tradisional Nusantara dengan kostum tari yang bernuansa warna khas Imlek (merah, kuning, dan gold). Menurut Dewi Fajar Marhaeni, Ketua Komunitas Bakul Budaya FIB-UI, acara Dekap Indonesia Sehat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan payudara secara berkala dan sedini mungkin.

"Kami berharap bisa memberikan pengetahuan bagaimana mendeteksi kanker payudara sejak dini dan secara mandiri," ujarnya.

Komunitas bakul budaya sendiri adalah sebuah wadah untuk menampung masyarakat untuk menyalurkan minatnya di bidang seni dan budaya. Dalam setiap kegiatannya, komunitas ini mengajak masyarakat menari tari tradisional dari berbagai daerah. Selain menari, komunitas bakul budaya juga memberikan banyak informasi untuk meningkatkan literasi budaya Indonesia.

Baca Juga: Merokok Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Kasus Baru di Indonesia Tembus 68.858 Jiwa

Bakul Budaya yang mayoritas beranggotakan perempuan juga berkomitmen tinggi menjalankan Program Dharma Bakul Budaya dengan mendukung program pemerintah dalam menekan angka penderita kanker payudara.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4183 seconds (11.210#12.26)