Daun Penurun Kolesterol dan Gula Darah yang Ampuh dalam 2 Jam, Wajib Dicoba

Selasa, 24 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Daun Penurun Kolesterol dan Gula Darah yang Ampuh dalam 2 Jam, Wajib Dicoba
Daun penurun kolesterol dan gula darah wajib dicoba. Sebab, daun ini dapat menurunkan kolesterol tinggi dan kadar gula darah dalam tubuh dalam waktu 2 jam. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun penurun kolesterol dan gula darah wajib dicoba. Sebab, daun ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi dan kadar gula darah dalam tubuh dalam waktu 2 jam.

Sebuah studi meneliti 40 pasien diabetes dan kolesterol tinggi yang diberikan ekstrak teh sage selama tiga bulan. Hasilnya ditemukan bahwa pasien memiliki gula darah puasa yang lebih rendah dan kadar glukosa rata-rata yang lebih rendah.

Dilansir dari Express, Selasa (24/1/2023) dalam hal kolesterol, kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat yang berbahaya juga mengalami penurunan.

“Daun sage mungkin aman dan memiliki efek anti-hiperglikemik dan peningkatan lipid pada pasien hiperlipidemia dan diabetes tipe 2,” kata penulis.

Baca Juga: 5 Daun Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh, Mudah Ditemukan di Halaman Rumah

Uji klinis lainnya menunjukkan hasil yang serupa saat mencoba menilai efek ekstrak sage pada 80 orang dengan diabetes yang tidak terkontrol. Setelah 2 jam berpuasa, para peneliti mendapati efek positif pada kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Hasil yang diterbitkan dalam Journal of Renal Injury Prevention menyarankan bahwa dosis yang lebih tinggi dari ekstrak sage diperlukan untuk menurunkan gula darah puasa. Menurut penelitian ini, senyawa dalam teh sage juga bisa sebagai anti-inflamasi di seluruh tubuh.

Salah satu bahan yang sangat ampuh dalam sage adalah asam rosmarinic, yang telah terbukti memberikan banyak manfaat dalam penelitian pada hewan. Senyawa ini diyakini bertanggung jawab untuk memerangi peradangan dan gula darah.

Selain itu, ekstrak tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin, dengan efek yang sebanding dengan rosiglitazone. Kamper, yang memberi aroma unik pada sage, telah terbukti merangsang ujung saraf saat dioleskan sebagai minyak.

Baca Juga: Gejala Diabetes, 6 Bagian Tubuh yang Menandakan Gula Darah Tinggi

Semua manfaat kesehatan ini dapat diperoleh dari makan sage mentah. Sementara itu, studi lain menunjukkan bahwa minum satu cangkir sage dua kali sehari, misalnya, dapat meningkatkan pertahanan antioksidan secara signifikan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah minum teh sage dalam jumlah yang sangat banyak dapat memicu masalah jantung, kerusakan ginjal, dan muntah.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2480 seconds (11.252#12.26)