Geger Ibu Beri Bayinya Minum Kopi, Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Senin, 23 Januari 2023 - 20:48 WIB
loading...
Geger Ibu Beri Bayinya Minum Kopi, Ini Bahayanya untuk Kesehatan
Media sosial digegerkan dengan ibu yang memberikan bayinya minum kopi. Aksi ibu itu viral di media sosial setelah videonya diunggah akun Twitter @tama_pute. Foto/Twitter @tama_pute
A A A
JAKARTA - Media sosial digegerkan dengan ibu yang memberikan bayinya minum kopi . Aksi ibu itu viral di media sosial setelah videonya diunggah oleh akun Twitter @tama_pute.

Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa menghilangkan dan meredakan rasa kantuk. Bagi tubuh, kopi juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan otak dan jantung.

Namun, sebagian besar riset yang menunjukkan manfaat kopi ini dilakukan pada orang dewasa. Bukan pada bayi dan anak-anak.

Minuman kopi, terutama yang tidak mengandung gula, susu, atau tambahan lainnya, memang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun, hal itu hanya berlaku untuk orang dewasa, tidak untuk bayi dan anak-anak.



Bayi dan anak-anak memiliki kerja tubuh yang tidak sama dengan orang dewasa. Dirangkum dari Alodokter, Senin (23/1/2023) tubuh mereka memerlukan waktu lebih lama untuk menyerap kafein.

Kandungan kafein dalam kopi bisa diserap oleh tubuh orang dewasa dalam waktu 3 jam –7 jam. Sedangkan pada bayi, dibutuhkan waktu sekitar 65 jam –130 jam untuk memproses kafein. Ini karena organ hati dan ginjal bayi belum bekerja dengan sempurna.

Kopi bukanlah pilihan minuman yang dianjurkan untuk anak-anak, terlebih bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Pasalnya, pada usia ini, satu-satunya asupan yang boleh diberikan adalah ASI.

Selain tidak bermanfaat, memberikan kopi dan minuman berkafein justru bisa membahayakannya untuk bayi. Berikut efek samping kopi untuk bayi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2546 seconds (0.1#10.140)