Gejala Kanker Prostat yang Harus Diketahui Pria, Waspada Rasa Sakit di 3 Area Ini

Senin, 23 Januari 2023 - 23:00 WIB
loading...
Gejala Kanker Prostat yang Harus Diketahui Pria, Waspada Rasa Sakit di 3 Area Ini
Gejala kanker prostat harus diketahui pria. Salah satunya rasa sakit yang mengganggu atau berkelanjutan di tiga area tubuh lantaran bisa menjadi tanda serius. Foto/ET Health World
A A A
JAKARTA - Gejala kanker prostat harus diketahui pria. Salah satunya rasa sakit yang mengganggu atau berkelanjutan di tiga area tubuh Anda lantaran bisa menjadi tanda serius.

Kanker prostat menyerang satu dari delapan pria seumur hidup mereka dan menjadikannya penyakit paling umum di kalangan pria. Seperti penyakit lainnya, semakin cepat menyadari gejalanya, semakin cepat mendapat pertolongan medis.

Kanker prostat membunuh ribuan pria setiap tahun, tetapi dapat diobati secara efektif jika ditemukan cukup awal. Meski dapat menyerang semua usia, pria di atas 50 tahun sangat berisiko dan harus waspada terhadap gejalanya.

Di sisi lain, banyak orang terkadang mengalami sakit, nyeri, dan seringkali itu tidak serius. Namun, para pria diimbau untuk memeriksakan diri jika mengalami rasa sakit yang ringan di pinggul, panggul, atau punggung bawah.

Baca Juga: Ini Gejala Kanker Prostat Seperti Dialami SBY yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Sakit saat Ejakulasi

Sebab, salah satu gejala kanker prostat yang paling sering diabaikan adalah nyeri di pinggul, panggul, dan punggung bawah. Parahnya, banyak orang mengira rasa sakit tersebut karena tidur dengan posisi yang salah atau akibat dari memutar tubuh setiap hari.

“Sangat penting bagi pria untuk selaras dengan tubuh mereka dan waspada terhadap perubahan apa pun, tidak peduli seberapa kecil atau tidak pentingnya hal itu pada awalnya,” kata Direktur Medis Pusat Terapi Proton Praha Dr Jiri Kubes.

“Syukurlah, ada beberapa perawatan yang sangat efektif yang tersedia saat ini dan efek kanker prostat dapat diobati lebih baik dari sebelumnya,” sambungnya.

Prostat adalah kelenjar seukuran kenari yang terletak tepat di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Meskipun penyebab kanker prostat sebagian besar tidak diketahui, faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko, seperti riwayat penyakit dalam keluarga dan kebiasaan gaya hidup.

Baca Juga: Cara Sederhana Cegah Kanker Prostat, Salah Satunya dengan Rutin Olahraga Pagi

Kanker prostat seringkali tidak menimbulkan gejala apapun sampai tumor tumbuh cukup besar untuk menekan saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari penis.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2225 seconds (11.97#12.26)