Viral Bayi Diberi Kopi Susu Sachet, Bagaimana Pengaruhnya terhadap Kesehatan?

Selasa, 24 Januari 2023 - 11:58 WIB
loading...
Viral Bayi Diberi Kopi Susu Sachet, Bagaimana Pengaruhnya terhadap Kesehatan?
Bayi sama sekali tidak boleh diberikan kopi karena akan memberi dampak buruk pada tubuh dan kesehatannya. / Foto: Tangkapan layar Twitter @tama_pute
A A A
JAKARTA - Viral di media sosial , seorang ibu yang memberikan kopi susu sachet kepada bayinya. Kopi susu itu dipilih karena di dalamnya mengandung susu.

Video yang dibuat sendiri oleh sang ibu itu disebarkan di TikTok. Disebutkan jika si ibu memberikan bayi kopi susu lantaran tidak mampu membeli susu.

"Bayi minum kopi G*** D** kan ada susunya, daripada dikasih susu F****** F*** katanya enggak ada susunya," tulis keterangan di video, seperti dikutip pada Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Deretan Jenis Olahraga yang Tepat untuk Penderita Saraf Kejepit

Tertulis juga di video itu kondisi bayi yang mengalami penurunan intensitas buang air besar setelah pemberian kopi susu sachet tersebut.

"Kemarin-kemarin bayi BAB 10 kali sehari, Alhamdulillah sejak minum susu kopi sekarang dia BAB 9 kali sehari," bunyi tulisan di video tersebut.

Tahu adanya video viral ini, dokter sekaligus pemerhati kesehatan, dr. Nadia Alaydrus pun memberikan tanggapannya. Dengan tegas dia menyatakan bahwa bayi sama sekali tidak boleh diberikan kopi karena akan memberi dampak buruk pada tubuh dan kesehatannya.

"Bayi boleh enggak sih dikasih kopi? Jawabannya tidak boleh!" tegas dr. Nadia Alaydrus dalam unggahan video Instagramnya.

Menurutnya, ada beberapa dampak buruk pemberian kopi terhadap bayi. Sebelum menjelaskan hal itu, dia menerangkan terlebih dulu larangan pemberian kopi berdasarkan rekomendasi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).

"CDC tidak merekomendasikan pemberian kafein pada anak di bawah 12 tahun, dan anak 12-18 tahun hanya boleh mengonsumsi kafein 100 mg per hari," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2625 seconds (11.252#12.26)