alexametrics

Prison Playbook, Ceritakan Tradisi Makan Tahu bagi Mantan Tahanan di Korea

loading...
Prison Playbook, Ceritakan Tradisi Makan Tahu bagi Mantan Tahanan di Korea
Prison Playbook adalah salah satu drama popular Korea yang dirilis pada 2017, tetapi ceritanya begitu menarik karena memperlihatkan tradisi unik. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Prison Playbook adalah salah satu drama popular Korea yang dirilis pada 2017, tetapi ceritanya begitu menarik. Salah satu adegan yang tidak bisa dilupakan adalah ketika Kim Je Hyuk yang dibintangi Park Hae Soo diberi makanan tahu dari ibunya ketika dia baru keluar penjara.

Dari sekian banyak jenis makanan, tahu memang menjadi makanan yang dipilih oleh masyarakat Korea ketika mereka baru menyelesaikan hukuman. Kok bisa? Tentunya ada makna sendiri di balik tradisi ini.

Tahu yang diberikan ini merupakan tahu mentah berwarna putih. Alasannya, warna putih melambangkan kesucian dan kemurnian. Hal ini sebagai simbol bahwa kehidupan mantan tahanan dapat kembali suci seperti awal, selepas keluar dari penjara.

Ibarat pribahasa, nasi telah menjadi bubur dan Korea sendiri memiliki pribahasa kedelai telah menjadi tahu. Kedua pribahasa ini memiliki makna yang sama, di mana peristiwa yang telah terjadi tidak dapat diulang kembali.



Dengan menyantap tahu, mereka yang telah menginap di hotel predeo ini dirahapkan dapat melanjutkan kembali kehidupannya dengan berperilaku baik, tanpa mengingat kesalahannya kembali. (Baca juga: 4 Fakta Drama Train yang Dibintangi Yoon Shi Yoon dan Kyung Soo Jin).

Membawakan tahu saat menjenguk mantan narapidana juga berkaitan dengan sejarah penjajahan Jepang. Saat masa penjajahan Jepang, makanan murah dan sehat kala itu hanyalah tahu. Maka dari itu, tahu diberikan pada mantan tahanan untuk dapat mencukupi gizi kebutuhannya.



Tahu dipercaya masyarakat korea sebagai makanan sehat yang kaya akan protein, bahkan bahan pangan satu ini cocok untuk dijadikan menu makanan saat diet. Karena kandungannya yang kaya akan nutrisi, tradisi memberi tahu pada mantan tahanan yang baru saja keluar ini terus dijalankan.

Sementara, Prison Playbook merupakan drama, tetapi jenis komedi yang membuat hal-hal yang biasanya dan tidak membuat Anda tertawa. Sederhananya, ini adalah komedi tentang hal-hal tabu dalam hidup yang sebenarnya Anda tidak boleh menertawakannya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak